Fungsi Kerikil pada Rel Kereta



Apakah sahabat abedabun memperhatikan kalau di sepanjang lintasan rel kereta api, entah di bawah, samping kiri atau samping kanan, terdapat banyak batu kerikil? Ternyata, batu kerikil ini sangat penting fungsinya untuk menunjang rel kereta agar tetap berada di atasnya.
Kerikil yang berada di sekitar rel kereta api berfungsi sebagai bantalan pemberat. Dengan adanya banyak kerikil di sekitarnya, rel akan stabil, tetap berada di tempatnya meskipun kereta sedang melintas di atasnya. Selain berfungsi sebagai bantalan pemberat, kerikil-kerikil ini juga berfungsi untuk menyerap getaran yang terjadi akibat melintasnya kereta, sehingga goncangan yang terjadi dapat berkurang.
Fungsi lain dari kerikil yang terdapat di sekitar rel kereta adalah untuk menahan dan memperlancar aliran air pada saat hujan. Keberadaan kerikil mampu mencegah terjadinya pengikisan tanah dan erosi yang dapat mempengaruhi letak rel kereta api.

Namun demikian, tidak semua rel dikelilingi oleh kerikil. Seperti rel kereta yang ada di atas jembatan atau di jalan raya. Semua itu terjadi karena fungsi kerikil telah diambil alih fungsinya oleh mekanisme lain. Pada jembatan, rel dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menahan getaran yang dihasilkan oleh kereta api. Begitu juga dengan rel yang ada di jalan raya, peran kerikil sudah digantikan oleh jalanan aspal yang terdapat di sekitarnya.

Sekian artikel tentang fungsi kerikil pada rel kereta. Semoga dapat menambah wawasan kita semua. :)



Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

 

abedabun Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger