Tips Agar PD Berbicara di Depan Umum


Sahabat abedabun, apakah Anda masih sering kurang percaya diri saat harus berbicara di depan umum? Nah, kali ini saya akan membagikan tips agar sahabat abedabun semua bisa mengatasi grogi saat harus berbicara di depan orang banyak :

1. Biasakan berbicara di depan cermin
Sebagai langkah awal, sahabat abedabun silahkan perbanyak latihan berbicara di depan cermin untuk membiasakan diri sebelum tampil aktif dalam berdiskusi atau dalam sebuah meeting. Ini bertujuan untuk membiasakan diri dan untuk menghilangkan grogi, seperti dalam istilah yang sering kita dengar "practices makes perfect".

2. Hadapi saja
Banyak orang yang menyarankan kalau tampil di depan umum "anggap saja di depanmu tidak ada orang" bahkan ada yang bilang "anggap saja di depan kamu itu batu semua". Tapi kalau dipikir-pikir kalau tidak ada orang lain, kita berbicara dengan siapa dong? Mungkin lebih baik kita menghadapi diri audience kita. Anggaplah mereka teman-teman dekat kita, sehingga kita lebih mudah mempresentasikan apa yang ingin kita sampaikan. Tatap mata mereka dan komunikasikan apa yang ingin sahabat abedabun sampaikan karena dengan kontak mata akan bisa menghilangkan rasa gugup. Sejak kecil kita sudah belajar berbicara dan sering bercerita panjang lebar menceritakan sesuatu. Nah, apa bedanya dengan berbicara dengan banyak orang? Tetaplah percaya diri.

3. Tenang
Cobalah sedikit rileks dan tenang serta berusaha untuk berfikir positif. Jangan takut salah dalam penyampaian atau takut ditertawakan audience, karena bila hal tersebut terjadi, perasaan kalut dan gugup akan menyelimuti pikiran sahabat abedabun yang berakibat pikiran jadi blank. Bila masih suka gemetaran saat berbicara di depan umum, cobalah dengan memegang sebuah benda berukuran kecil seperti kertas untuk mengalihkan rasa gugup sahabat abedabun.

4. Perhatikan penampilan
Tidak dapat dipungkiri, penampilan juga cukup menunjang kepercayaan diri saat tampil di depan umum. Gunakanlah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi saat ingin bertemu dengan orang lain atau pada saat ingin mempresentasikan sesuatu pada audience.

5. EYD
Biasakanlah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini bertujuan bila di suatu kondisi yang mengharuskan sahabat abedabun berbicara secara formal, tidak perlu gugup lagi untuk merangkai kata-kata yang ingin disampaikan. Disamping itu, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan mempermudah kita dalam menyampaikan suatu pesan kepada orang lain.

6. Kuasai bahan
Sebelum maju ke depan, alangkah lebih baik jika kita terlebih dahulu mempelajari dan menguasai materi yang akan kita sampaikan. Dengan menguasai materi, sahabat abedabun akan terlihat lebih mantab dalam berbicara. Dan sebaliknya, jika tidak memahaminya, sahabat abedabun akan terlihat bingung dan sulit untuk mengontrol apa yang akan disampaikan.

7. Fokus
Saat berbicara di depan umum, kita tidak berbicara untuk diri kita tapi untuk disampaikan kepada pendengar. Aturlah intonasi suara, mimik serta pandangan mata kita harus baik. Buatlah suasana menjadi serileks mungkin agar audience bisa mendengarkan dengan baik, serta berikanlah perhatian pada audience agar mereka bisa yakin dengan apa yang sedang kita sampaikan.

Sekian artikel tentang tips agar PD berbicara di depan umum. Semoga bermanfaat untuk sahabat abedabun semua.



Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

 

abedabun Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger