Alasan Matinya Mesin Kendaraan di Rel Kereta Api


Seringkali kita mendengar berita tentang tertabraknya sebuah mobil oleh kereta api karena mobil macet saat tengah melintasi rel kereta api. Banyak orang menghubungkannya dengan hal-hal mistis. Namun hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah.
Yang sebenarnya terjadi adalah, gesekan yang terjadi antara roda kereta dengan rel menghasilkan medan magnet. Nah besarnya medan magnet yang dihasilkan ini mampu untuk mematikan mesin mobil dan sulit untuk dinyalakan kembali. Kejadian ini terutama berpengaruh pada kendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun dalam beberapa kejadian kendaraan yang berbahan bakar solar bisa terpengaruh. Medan magnet yang dihasilkan oleh gesekan antara roda kereta dan rel ini mampu bergerak maju sejauh 600m karena cepatnya putaran roda kereta. Oleh karena itu, ketika ada kereta api lewat dan dalam radius 600m meter di depannya ada kendaraan yang melintas, maka mesin kendaraan tersebut besar kemungkinan akan mati.

Namun demikian, sebenarnya ada banyak hal yang dapat dilakukan agar kecelakaan yang terjadi di perlintasan rel kereta api tidak terjadi. Antara lain :
1. Berhati-hatilah dalam berkendara. Sebelum melintasi rel kereta api, pastikan tidak ada kereta api yang akan melintas (terutama pada perlintasan yang tidak berpalang)
2. Bila pandangan terhalang pohon atau benda lainnya, jangan sungkan untuk turun dari kendaraan dan memastikan kendaraan Anda akan selamat saat melintasi rel kereta api
3. Bila kendaraan Anda tiba-tiba mogok di atas rel, jangan panik. Suruhlah semua penumpang kendaraan Anda keluar dari kendaraan (termasuk Anda).
4. Bila sudah dapat dipastikan tidak ada kereta yang akan melintas, segera dorong kendaraan Anda menjauhi rel, kemudian coba nyalakan kendaraan Anda.
5. Jangan pernah mencoba menyalakan kendaraan Anda ketika berada di atas rel, karena Anda hanya akan membuang waktu.
6. Bila kendaraan Anda masih berada di atas rel kereta, sementara kereta sudah tampak mendekat, segeralah manjauh dari kendaraan Anda. Nyawa Anda jauh lebih berharga daripada nyawa Anda.

Sekian informasi tentang alasan matinya mesin kendaraan di rel kereta api. Semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan sahabat abedabun semua. :)



Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

0 comments:

Posting Komentar

 

abedabun Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger